Mengatasi Patah Hati

Mengatasi patah hati bukan perkara mudah. Jangan terlalu harfiah menerjemahkan patah hati dengan hati (liver) yang patah. Mengatasi patah hati artinya berusaha meredam emosi negatif yang terjadi setelah seseorang mengalami kekecewaan terhadap pasangan atau sesuatu yang tidak sesuai harapan. Sebagai contoh, menaruh harapan terlalu banyak terhadap seseorang hingga akhirnya dikhianati, menyatakan cinta kepada seseorang namun mendapat penolakan, atau mendapati kenyataan hubungan yang sekian lama dibangun harus berakhir tanpa penjelasan. Akibat dari hal-hal tersebut adalah munculnya rasa kecewa dan rasa sakit yang membuat diri menjadi hilang semangat.

Siapapun tak memungkiri bahwa mengatasi patah hati adalah salah satu hal yang sulit dilakukan selain berkomitmen dan kesetiaan. Patah hati menjadi notifikasi yang memberitahu penderitanya bahwa ada hal yang harus diperbaiki dan diperhatikan. Mengatasi patah hati artinya harus menemukan cara untuk mengobati rasa sakit yang imajiner, sebab rasa sakit tersebut tak dapat ditemukan kasat mata, bahkan menggunakan peralatan super-canggih sekalipun. Rasa sakit itu berupa penurunan kadar kortisol yang berakibat timbulnya stres. Kortisol sendiri adalah hormon steroid yang diproduksi di dalam korteks kelenjar adrenal. Efek lebih lanjut dari penurunan jumlah kortisol normal adalah menyebabkan penekanan fungsi tiroid, gangguan kognitif, meningkatnya tekanan darah, penurunan kepadatan tulang, hingga ketidakseimbangan gula darah.

Mengatasi patah hati artinya harus berurusan pula dengan penurunan kadar serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter, zat kimia dalam tubuh yang terbuat dari asam amino triptofan. Kadar serotonin yang rendah memicu munculnya gangguan kecemasan seperti depresi dan paranoid, gangguan obsesif-kompulsif, migrain tak berkesudahan, hingga kelebihan berat badan.

Setelah mengetahui betapa tak bergunanya patah hati bagi tubuh, maka salah satu cara mengatasi patah hati adalah dengan mengikhlaskan yang telah terjadi. Melawan rasa sakit dengan keikhlasan adalah cara mengatasi patah hati paling ampuh. Rasa sakit memang bukan berkah, pun bukan hadiah. Namun, seburuk apapun kemasan dari patah hati, jika memberanikan diri untuk membukanya, maka rasa sakit akan berganti dengan ketenangan.

Mengatasi patah hati dengan bersikap ikhlas memang akan butuh waktu lama. Namun seiring waktu, dengan mengatasi patah hati, para penikmatnya akan mendapat pengetahuan baru dan kepercayaan diri tinggi untuk menghadapi segala sesuatu yang akan terjadi di masa depan.

Karena faktanya, patah hati adalah masalah kepercayaan diri. Jadi hanya diri sendirilah yang bisa mengatasi patah hati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s