Cara Mengatasi Kekhawatiran: Pelajaran Penting Dalam Kehidupan

Cara Mengatasi Kekhawatiran
Cara Mengatasi Kekhawatiran (Image: adultaspergerschat.com)

Cara mengatasi kekhawatiran adalah hal yang perlu dikuasai setiap orang. Kekhawatiran memang lumrah. Tapi kekhawatiran yang berlebihan membuat energi jadi tersedot sia-sia. Terlalu banyak kecemasan membuat orang tak bersikap spontan dan kreatif dalam menyikapi keadaan. Karena itulah, setiap orang perlu memiliki kemampuan cara mengatasi kekhawatiran.

Ingatlah bahwa khawatir dan takut adalah dua hal yang berbeda, meskipun mirip secara emosional. Hanya saja, rasa takut memiliki objek yang jelas. Sedangkan kekhawatiran lebih kepada perasaan tak menentu terhadap sesuatu yang tak jelas.

Saat khawatir, seseorang biasanya akan memiliki kekuatan berlipat. Namun, jika tidak menguasai cara mengatasi kekhawatiran, energi yang terkuras akan jauh lebih besar dari energi yang dihasilkan. Karena dalam kekhawatiran, seseorang akan larut dalam segala jenis ilusi, prejudisi, dan beragam emosi. Jadi sudah jelas, cara mengatasi kekhawatiran adalah salah satu pelajaran penting dalam kehidupan.

Secara psikologi, kekhawatiran terjadi akibat pikiran antisipatif yang terhimpun dan terakumulasi. Pikiran tersebut menghantam pertahanan hidup sebagai bentuk krisis karena mengalami kekecewaan atas tidak efektifnya tindakan antisipatif yang telah dirancang sebelumnya. Perilaku antisipatif yang berlebihan tentunya akan merugikan.

Salah satu cara mengatasi kekhawatiran adalah jangan membiarkan kekhawatiran menguasai pikiran. Berpikirlah positif! Jika perlu, buatlah daftar tindakan yang seharusnya dilakukan secara spesifik. Setelah itu, lakukan tindakan itu secara bertahap mulai dari yang paling sederhana. Cara mengatasi kekhawatiran ini dapat membantu untuk fokus pada hal yang lebih besar, yang lebih banyak membutuhkan perhatian. Berbagi masalah kepada kerabat atau teman terdekat juga efektif sebagai langkah awal dalam mengatasi kekhawatiran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s