Aksi Sehat 5 Menit: Tindakan Kecil Untuk Masa Depan Cerah

Aksi sehat 5 menit? Bagi sebagian besar orang, melakukan aksi sehat dalam kurun waktu 5 menit terkesan tidak mungkin. Tapi jika dipikir-pikir, 5 menit adalah waktu krusial dalam hidup manusia. Dalam waktu 5 menit, kita bisa melakukan banyak hal, baik untuk hidup kita maupun hidup orang lain.

Dr. Masaru Emoto, seorang ahli penyembuhan alternatif Jepang pernah menuturkan bahwa kesehatan seseorang ditentukan dalam waktu 5 menit. Dalam bukunya yang berjudul “The Healing & Discovering the Power of the Water”, ia menjelaskan bahwa seseorang yang marah selama 5 menit akan menyebabkan sistem imun tubuh mengalami depresi selama 6 jam. Wow, it only takes 5 damn minutes to ruin our life!

Saya mencoba melihat apa saja yang netizen bicarakan terkait dengan hidup sehat di media sosial. Menggunakan tool dari Topsy, saya mendapati kata kunci “hidup sehat” dalam sebulan terakhir ditemukan pada lebih dari 41 ribu percakapan di media sosial Twitter.

Aksi Sehat 5 Menit - "Hidup Sehat" on Topsy

Sedangkan melalui mesin pencarian Google.com, terdapat lebih dari 4 juta hasil pencarian dengan kata kunci “hidup sehat”.

Screenshot_4

Ini cukup membuktikan bahwa hidup sehat selalu menjadi perbincangan netizen dan pembahasan di berbagai portal berita daring.

Sebenarnya banyak aksi sehat 5 menit yang bisa menjadi awal dari hidup sehat. Tentunya aksi sehat ini bukan sekadar niat, tapi tindakan nyata yang perlu direalisasikan setiap harinya.

Saya sendiri punya beberapa aksi sehat 5 menit yang setiap harinya dilakukan untuk mencapai hidup yang sehat. Antara lain:
1. Minum dua gelas air hangat saat bangun tidur.
Sesaat setelah bangun tidur, saya selalu minum air hangat. Aksi sehat 5 menit ini efektif membuang racun-racun di dalam tubuh.

2. Makan buah-buahan segar sebelum makan
Waktu terbaik makan buah adalah sebelum makan. Jika makan buah setelah makan, maka buah akan membusuk di dalam perut lalu menghasilkan gas yang bisa menyebabkan perut menjadi kembung.

3. Menyertakan beraneka warna sayuran ke dalam makanan harian.
Sayur-sayuran kaya akan serat yang membantu untuk mengontrol kadar kolesterol serta membuat lebih cepat kenyang. Hasil studi dari World Health Organization menemukan bahwa 63 persen kematian di dunia pada 2008 disebabkan oleh kurangnya mengonsumsi sayuran. Dan uniknya, warna-warna pada sayuran memiliki makna, seperti yang terlihat pada infografis berikut ini:

warna-sayur

4. Memisahkan talenan atau papan potong untuk berbagai makanan.
Jenis bakteri yang terdapat pada buah, sayur, dan bahan makanan mentah seperti daging, unggas, dan makanan laut, tentunya berbeda. Oleh karena itu, saya memilih untuk menggunakan warna talenan yang berbeda untuk setiap jenis masakan yang akan diolah. Aksi sehat ini bertujuan untuk menghindari kontaminasi makanan dari talenan yang digunakan saat memasak. Contohnya, talenan merah untuk alas potong daging merah, talenan kuning untuk alas potong daging unggas, talenan biru untuk alas potong makanan matang, talenan cokelat untuk alas potong seafood dan ikan, talenan hijau untuk alas potong buah dan sayuran, dan talenan putih untuk alas potong dairy product.

Pentingnya Mencuci Buah dan Sayuran
Terkait aksi sehat 5 menit, tak ada yang memungkiri, mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari sangat penting untuk hidup sehat. Hanya saja, belum banyak yang tahu bahwa mencuci buah dan sayur adalah hal penting.

Banyaknya kandungan pestisida pada pertanian modern yang lebih berorientasi kepada kuantitas hasil produksi semata menjadi isu besar bagi konsumen di seluruh dunia. Dalam sebuah laporan khusus, Environmental Working Group (EWG) merilis beberapa bahan pangan yang banyak mengandung pestisida dalam proses sistem pertaniannya, antara lain: Apel, Stroberi, Anggur, Seledri, Persik, Bayam, Paprika, Mentimun, Kentang, Tomat, dan Cabai.

Lalu bagaimana caranya terbebas dari bahan pangan yang mengandung pestisida mengingat faktanya kita butuh buah dan sayur setiap harinya?

Menurut para pakar gizi, mencuci buah dan sayur dengan baik dan benar adalah cara untuk memastikan kebersihan dan keamanannya dari bahan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Namun, mencuci dengan air saja tidak cukup. Dikutip dari laman resmi Lion Wings, ada MAMA LIME ANTIBACTERIA dengan Formulasi Baru (BIOGUARD) yang efektif membersihkan buah dan sayur yang akan dikonsumsi dari residu pestisida.

mama-limeTak hanya efektif membersihkan buah dan sayur dari residu pestisida, dikutip dari bagian belakang kemasannya, ternyata MAMA LIME ANTIBACTERIA juga membunuh kuman sampai 99% seperti E Coli (Escherichia coli) dan S Aerus (Staphylococcus aureus).

Kedua jenis bakteri tersebut biasa menyebabkan penyakit sistem pencernaan yang serius. Dampak lebih lebih lanjut dari kedua bakteri tersebut adalah bisa menghasilkan racun yang dapat merusak ginjal, serta melemahkan dinding usus kecil. That’s why you have to do aksi sehat 5 menit, especially with MAMA LIME ANTIBACTERIA to clean your fruits, vegetables, and your cutlery!

Tips aksi sehat 5 menit mencuci buah dan sayur menggunakan MAMA LIME ANTIBACTERIA dalam memelihara keamanan pangan yang kita konsumsi setiap harinya dapat disaksikan pada video berikut ini:

Pentingnya mencuci bahan pangan dengan MAMA LIME ANTIBACTERIA harus diikuti pula oleh kesadaran untuk mencuci tangan. Alih-alih membunuh kuman dan bakteri, malah bakteri dan kuman pada telapak tangan malah berpindah ke buah dan sayur.

Akhir kata, jika dulu seorang seniman eksentrik Andy Warhol pernah mengatakan, “In the future, everyone will be famous for 15 minutes.” maka hari ini saya berani mengatakan,

In the future, everyone will be healthy for 5 minutes because of MAMA LIME ANTIBACTERIA.”

====

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Aksi Sehat 5 Menit bersama Mama Lime Anti Bacteria.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s