Agar Undangan Tak Hanya Baca dan Buang

Bila saja Dessy Ratnasari lebih pintar, ia takkan menghabiskan waktu dengan mampir ke tenda biru. Sampai kini saya tak mengerti, kenapa ia lebih suka menyakiti hatinya dengan iseng berjalan-jalan tanpa tujuan, menodai hasrat yang sebenarnya tak perlu tersurat.

Selain Desy, ada Yuni Shara yang utopis sekali. Pagi-pagi sudah melamun sendiri. Sembari berharap ada secarik surat dari kekasih yang tak kunjung kembali. Nampaknya sedang menanti Bang Thoyib yang tak pulang tiga kali puasa dan lebaran. Namun akhirnya harus patah arang sebab yang ia terima adalah undangan. 

Menyedihkan! Nasib penyanyi-penyanyi itu nampaknya sudah harus mengalami reinkarnasi dan pencerahan! Untuk apa menantikan sesuatu yang tak pasti. Walau akhirnya kepastian itu bukan untuk dirinya. Semua itu hanya karena mereka lupa untuk mempersiapkan mental, fisik dan hati untuk menerima selembar pemberitahuan yang biasa disebut sebagai UNDANGAN.

Apa itu undangan? Undangan adalah lembar pemberitahuan mengenai suatu keadaan atau peristiwa yang dibuat secara ekslusif dengan tujuan yang bersifat impresif. Tapi walau undangan sudah didesain sedemikian rupa, kontennya tetap sama. Cenderung stagnan. Basi! Agar siklus undangan tak hanya baca dan buang, maka buatlah kata-kata di undangan yang menarik bahkan berkenan untuk diabadikan sepanjang masa. 

Salah satu konten undangan yang dapat menarik perhatian, dapat berbentuk seperti ini. Namun desain dan rupa undangan dapat tergantung sesuai selera. 

 

***

 

Maha Suci Allah, yang telah menciptakan makhluk-Nya berpasang-pasangan. Sepatu sudah semestinya berpasangan dengan sepatu lagi. Bukan dengan bakiak ataupun sandal jepit. Betapa adil Engkau, Ya Allah. Bila saja anak kami mendapatkan pasangan seperti sandal jepit atau bakiak, bagaimana dengan keturunan yang akan kami terima nanti? Karena itu, perkenankanlah kami menikahkan putra-putri kami dengan layak dan semestinya : 

 

Pantofel SH. (Sok Hebat)  

dengan 

High-heel ST. (Sok Tinggi)


Untuk mengikuti syariat agama-Mu dan sunah Rasul-Mu Muhammad SAW untuk membentuk keluarga Sakinah, Mawaddah, Warrahmah. Jangan jadikan anak-anak kami tukang kawin cerai dan tukang gonta-ganti pasangan walaupun sebenarnya mereka senang berlaku demikian.

Akad nikah akan dilaksanakan dengan semestinya pada: 

Ahad, 28 Desember 2008. Hari indah yang akan menjadi tonggak dimana beban kami akan diringankan dari muluknya cita-cita anak-anak kami. Acara yang akan diadakan secara khidmat dan sederhana ini akan berlangsung pada pukul 09.00 WIB. Waktu sengaja kami gunakan format WIB untuk memudahkan walau sebenarnya ingin menggunakan format GMT. Tempatnya pun tak sulit untuk ditemukan. Gedung Serba Guna RT. 11 Kelurahan Pringharjo Kecamatan Sidorejo. Sebagai penghibur akan dihadirkan orkes Melayu dengan janda-janda kembang sebagai penarinya. Mereka menerima saweran. Untuk ibu-ibu dan saudari putri, akan disuguhkan dengan pertunjukan otot binaragawan dari Gym Ade Rai sebagai pemuasan hasrat yang tak didapat di rumah sendiri.

Demikianlah di antara bukti-bukti kebesaran Allah diciptakan-Nya pasangan hidup dari jenismu sendiri supaya dapat merasa tenteram di sampingnya. Ayam dengan Ayam, Sapi dengan Sapi, Ular dengan Ular, Buaya dengan Buaya- itulah Kebun Binatang. Maka dijadikannya kasih sayang di antara kamu. Sesungguhnya yang demikian itu menjadi tanda-tanda kebesaran-Nya bagi orang-orang yang berfikir. Perhatian! Jangan pernah mencari ayat ini di kitab suci Mahabrata ataupun buku catatan harian Brama Kumbara.

Terima kasih atas perhatiannya. Untuk menghormati mempelai, sekiranya tidak membawa hadiah atau karangan bunga. Amplop berisi lima juta sudah cukup untuk balik modal dan bekal bulan madu di Skotlandia.


***


Ini undangan atau pidato kehormatan? Sila jawab sendiri. Yakinlah ini sebuah inovasi yang jenius dan mengharukan. Undangan seperti ini tak patut lagi diabadikan di dalam tong sampah. #eaaaa #apalah

 

(Ditulis di Bandung, 25 Desember 2008) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s